Fri. Oct 23rd, 2020
MENUMENU
  • Home
  • About
  • PETA LOKASI
  • Book
    • Berdasarkan hasil riset ahli syaraf disimpulkan bahwa otak manusia telah mulai berkembang semenjak anak masih dalam usia dini.

    • Bimbingan dan Konseling adalah sebuah profesi yang dalam praktiknya dapat dilakukan dengan pendekatan individu dan kelompok.

    • Masyarakat modern, ditandai dengan tingginya intensitas tekanan psikologis. Tekanan-tekanan tersebut berakibat pada tingginya potensi masyarakat modern akan munculnya berbagai persoalan psikologis.

    • DEWASA ini tengah berkembang konseling spiritual sebagai kekuatan baru, yang sering disebut sebagai konseling religius, yaitu suatu upaya untuk membuka misteri tentang terapi melalui kepercayaan, keimanan,dan imajinasi teistik.

    • Buku kecil ini dibuat sebagai sebuah upaya untuk memenuhi kebutuhan anak usia dini akan layanan Bimbingan dan Konseling yang sesuai dengan dunia mereka, yaitu bermain.

    • Selama ini dikesankan, bahwa urusan pembinaan keagamaan atau religiusitas siswa menjadi tanggung jawab guru agama saja.

    • Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang mempunyai kelekatan antar anggota keluarga yang tinggi. Dalam system masyarakat yang mempunyai kelekatan seperti ini, pada satu sisi membuat individu merasa aman.

    • Usia dini merupakan fase terpenting dalam proses tumbuh kembang anak. Usia ini ditandai dengan pesatnya pertumbuhan dan perkembangan berbagai organ tubuh anak.

  • Articel
      1. Bangkitnya Konseling Berbasis Agama: Jalan untuk Menapaki Perwujudan Generasi Emas 2045 (Orasi Ilmiah di IAIN Pontianak 2015)
      2. Peran Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah dalam Internalisasi Pendidikan Karakter Bangsa, Raheema, Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol. 2 No. 1 (2015). Pusat Studi Gender dan Anak IAIN Pontianak
      3. Penerapan Bimbngan dan Konseling Kelompok untuk Adiksi Napza Bernuansa Agama pada Pecandu Narkoba di Rumah Rehabilitasi Berbasis Masyarakat Bumi Khatulistiwa Kalimantan Barat (4th International Counseling Seminar 2016) Universitas Negeri Padang.
      4. Bimbingan dan Konseling Religius: Ilhtiar Menemukan Model Bimbingan dan Konseling Berlandaskan Al-Quran, (Seminar Nasional 2016 STKIP Hamzanwadi Lombok)
      5. Model Bimbingan dan Konseling Berbasis Surat Al-Fatihah untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling UNESA Surabaya, 2016)
      6. Guidance and Counseling Based on Surat Al-Fatihah, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2. No. 3 desember 2016
      7. Mengembangkan multi kecerdasan anak usia dini Melalui kegiatan bermain. International Conference Proceeding Pengebangan Potensi Anak Usia Dini IAIN Pontianak (Bulan Sabit Press, 2017)
      8. Konseling Rational Emotive Afektif pada Anak dari Keluarga Broken Home, (Seminar Nasional dan Konvensi ABKIN Pekan Baru, 2017)
      9. Creating a Workplace Well-being with Guidance Based on Surah al-Fatihah. Asean Psychology and Counseling Conterence 2018, MARA Kualalumpur, Malaysia.
      10. Chinese And Malay Interaction In West Kalimantan: Discovering Harmony In Diversity Of Ethnic Groups Through Local Wisdom

THE POWER OF AL-FATIHAH GO INTERNATIONAL

m-edikurnanto.com – Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd, Dosen FTIK IAIN Pontianak telah mampu membawa karyanya THE POWER OF AL-FATIHAH, Model Bimbingan dan Konseling Berbasis Surah Al-Fatihah go Internasional. Ini bermula saat Alumni Departemen Bimbingan dan Konseling Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung Jawa Barat ini diundang sebagai pembicara ahli pada sebuah gelaran Konferensi Internasional, Asean Psychology and Counseling Conference (APCC) yang diselenggarakan oleh Majelis Amanat Rakyat (MARA), sebuah yayasan yang bergerak di bidang Pendidikan dan Berbagai Usaha, khususnya pengembangan sumber daya untuk bumi putera Malaysia, di Kualalumpur pada tanggal

26 – 27 September 2018 . Pada kegiatan bertema Workplace Well-Being yang dihadiri 500 orang Ilmuan dan Praktisi Psikologi dan Bimbingan dan Konseling dari negara-negara di Asia Tenggara tersebut, M. Edi Kurnanto diminta untuk memaparkan Model Bimbingan dan Konseling Berbasis Al-Fatihah (Model BBSA) pada aplikasi dalam dunia kerja. Dosen yang selain ber-Home Based di Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAD), juga mengajar pada Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Fakultas Dakwah IAIN Pontianak tersebut memaparkan sebuah kertas kerja dengan judul: Creating Workplace Well-Being with Guidance Based on Surah Al-Fatihah.

Pada pagelaran tersebut Model BBSA mendapat sambutan yang luar biasa. Hal ini terbukti dengan sesi Workshop yang dijadwalkan oleh panitia di hari kedua APCC 2018, ruangan ya

ng disiapkan oleh panitia dipenuhi peserta, bahkan banyak di antara peserta yang harus duduk di lantai bahkan tidak sedikit yang berdiri. Pada sesi workshop ini peserta sangat antusias mengikuti semua kegiatan, yang menurut mereka merupakan sebuah karya yang unik, karena didasarkan pada salah satu surah dalan al-Quran, yaitu surah Al-Fatihah.

Jika tidk ada aral merintang, Model Bimbingan Berbasis Surah Al-Fatihah ini pada tanggal 6 – 7 Desember 2018 yang akan datang juga akan dipaparkan dalam sebuah Seminar Internasional Bimbingan dan Konseling Islam di Negeri Sembilan, Malaysia. Pada kegiatan ini, Model BBSA dijadwalkan juga dalam sebuah Workshop dalam durasi waktu full satu hari, yaitu pada tanggal 7 desember 2018 dengan peserta praktisi konseling sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *